"PENGAKUAN" STAND UP COMEDY TOUR, INDRA FRIMAWAN PUNYA FORMULA BARU!

SELAMAT INDRA FRIMAWAN ATAS "PENGAKUAN" STAND UP COMEDY TOUR!!!

(sumber: instagram stand up indo jogja)

Baru saja aku nonton stand up comedy show Indra Frimawan tepatnya Sabtu, 28 September 2019 di Ballroom hotel Dafam Seturan. Ternyata ini kota terakhir sebelum finalnya di Jakarta. Sebetulnya aku nggak ngikutin PENGAKUAN mengunjungi kota mana saja. Tiket untuk show malam ini sudah aku beli dari hari pertama penjualan pre-sale satu. Harganya masih IDR 50000. Kalau tidak salah 1 Juli 2019 alias dua bulan lalu. Aku ingat kembali acaranya tadi karena admin mengirimkan beberapa peraturan dan jadwal acara. hehehehe.

Sebelum review acaranya, sedikit cerita boleh lah ya.. Aku suka stand up comedy Indra Frimawan sejak dia ikut SUCI 5. Sejak awal dia andalanku pada waktu itu. Aku suka dia di saat masih banyak orang yang bilang dia ngelucunya aneh sampai ya udah pada tahu lucunya di mana. Lama-lama aku malah nggak sesuka itu. Eh ya suka, tapi bukan suka banget. Pertama kali lihat penampilannya secara langsung adalah saat dia masih bergabung dengan Majelis Lucu Indonesia (MLI) di acara Musyawarah Lucu Nasional Jogja tahun lalu. Waktu itu Afif yang bukan kesukaanku sama sekali berhasil pecah sadis. Frimawan lucu tapi ya lucu aja. Mind Blowing-nya gitu deh, gila! Selang dari acara itu, kabarnya ia akan tour sendiri. Aku cukup antusias udah siap-siap cek jadwal dia akan ke Jogja kapan. Kala itu tajuk tournya adalah "Free My Want". Tiba-tiba kabar bersliweran tentang berita Frimawan sering DM ciwi-ciwi dan modusin mereka. Aku sempat baca thread-nya di twitter. Kaget. Tapi aku masih mau menikmati karyanya tanpa peduli kasus yang sedang dia hadapi. Bagiku itu hal yang berbeda. hehehe. Aku kalau datang ke show-nya ya untuk menikmati karyanya dengan tertawa lepas. Urusan pribadinya biarlah urusan dia. Tapi ya memang berdampak tour itu jadi wacana doang, nggak berjalan.

Akhirnya 2019 terealisasikan.

Hari ini selepas dari UMY, kampusnya Ali Akbar HAHA, aku berangkat ke Seturan. Sampai sana parkir di basement dan naik ke lantai 7 menuju ballroom hotel melalui lift karyawan karena nggak sengaja aku mengikuti dua orang laki-laki yang sepertinya juga nggak sengaja kok malah ke lift karyawan. Ya sudahlah...

Sudah pukul 19 lebih, aku segera menukarkan e-tiket dengan tiket kertas kecil sebagai tanda masuk. Sudah duduk di dalam. Agak terlambat sehingga aku duduk di bagian tengah. Ballroom hotel tidak begitu luas, mungkin sekitar 300 penonton malam tadi. Main HP sebentar, MC sudah naik panggung. MC-nya adalah Ali Akbar dan Syangit. Berasa nonton open mic stand up indo Jogja kalau dengar mereka MC-ing. hehehehe. Lucu banget mereka nih. Mentang-mentang show Frimawan, prince of mind blowing, Ali Akbar nge-jokes sok sok mind blowing. Untung lucu! HAHAHA.

Opener malam tadi ada Ilmy dan Andang. Ilmy komika dengan persona ngomongin dirinya sendiri yang bertubuh pendek berhasil bikin ketawa lumayan gedhe. Ini pertama kali aku nonton dia. Rispek! Berasa lihat anak SMP stand up. Bahkan wajahnya tuaan Bayu (SUCA 4) yang masih SMP beneran. hehehe. Kedua ada Andang. Karena sebelumnya pernah lihat dia sebagai opener show Koko Yawo, penampilan malam itu Andang semakin matang dan lucu. Pembawaannya tenang sambil ghibahin kampusnya sendiri. Bit tentang dajjal sudah dengar. Tapi closing dengan dajjal bilang "jancuk, wanine wadul karo Alloh!" masih bekerja dengan baik. Keren!

Akhirnya sekarang giliran Frimawan masuk panggung. Waktu bang Indra jalan menuju panggung semua diam. Dalam hatiku, "kenapa malah tegang suasananya?!". Aku ingat kalau bang Indra live di instagram suka ngeselin. Ngetweet juga ngeselin. Ngeselinnya kayak betulan. Jadi waktu hening semua rasanya gimana gitu aku malah sebel. Oiya, aku sampai unfollow instagramnya karena dia rese, tapi itu haknya. Twitter masih follow walau tetap rese. hehehehe. Sampai di atas panggung bang Indra melepas (semacam) jaket dan act out nyantelin jaket padahal nggak ada cantelan di situ. Mulai deh tawa pertama di atas panggung. Selebihnya tawaaaaa semua. HAHAHA. Tapi pakai mikir, kan mind blowing.

Seingat aku terakhir lihat dia di MLI tahun lalu, mind blowingnya bang Indra masih khasnya patah-patah antar bit. Set up-nya tidak panjang. Tapi perbedaan dari show ini adalah bang Indra mengemas mind blowing-nya ke dalam story telling. Menurutku ini menarik banget karena berbeda dengan Frimawan sebelumnya. Judulnya PENGAKUAN, kalau aku terjemahkan kata PENGAKUAN ini menggambarkan bahwa ia akan bercerita (story telling) sepanjang show-nya dan yang ia bicarakan adalah dirinya sendiri serta tetap dengan ciri khasnya mind blowing. Acara ini diperuntukkan 18+ Tapi bagian dark-nya nggak se dark itu jadi mungkin 13+ aja masih masuk atau 15+.

Dia membicarakan ibunya, ayahnya, agamanya, karir stand up comedy-nya, dan yang paling berani adalah membahas kasus yang terjadi di tahun lalu tanpa ada pengelakan. Nggak pencitraan.

Acara ini dilarang mengambil video dan share. Tour juga belum usai. Tapi aku mau bilang bit terfavorit super mind blowing adalah duit dia dua ribu jatuh terus dia tolongin eh dia malah dikasih lima puluh ribu sama tuh duit! gileeeeeeeeeeeee HAHAHA.

Dari joke pertama dia lempar, butuh sepersekian detik untuk mencerna kemudian baru ngakak. Di awal Frimawan selalu kasih selingan, "ada yang belum ngerti sama jokes gue?" HAHAHA

Sepanjang acara bang Indra berhasil bikin rahang capek bersamaan dengan otak capek. Keduanya bekerja secara bersama-sama. Itu keren banget. Anyway, bang Indra jauh lebih matang dari penampilan tahun lalu (anjir aku kek juri). Penampilannya tenang, artikulasi jelas. Luv

Kurang lebih satu jam bang Indra ber-stand up comedy. Closing bit-nya related banget dengan semua orang, aku nggak mau bocorin. hehehe.

Frimawan panggil MC. Ali Akbar mancing dengan satu bit mind blowing ala Frimawan dan teradinya battle mind blowing antara Frimawan dan Ali Akbar. Penonton udah kek kompor manasin mereka berdua untuk tidak berhenti adu bit mind blowing. Battle mereka tuh seperti encore kalau di konser musik. hahaha.

Frimawan turut memanggil opener. Sebelum mengakhiri show dan membuka sesi foto, Frimawan menyampaikan harapannya dengan show PENGAKUAN dapat membuat orang lain berubah pandangan tentang dirinya. Tapi ada embel-embelnya, "kalau enggak juga nggak papa sih". Menurutku, jauh sebelum adanya PENGAKUAN tour ini, Frimawan di mata para penikmat karyanya selalu sama. Nyatanya sebelum acara berlangsung sudah ada 300 orang rela datang dan meluangkan waktunya untuk menikmati karyamu, bang.

Sekali lagi selamat atas PENGAKUAN tour. Semoga final di Jakarta berjalan lancar. Sukses terus untuk karir stand up comedy-nya :) Oiya, ini pertemuan kedua secara langsung dengan Frimawan. Waktu sesi foto aku dapat belakang sekali. Saat giliranku dia sudah menjulurkan tangannya dan mengucapkan terima kasih dan aku mengucapkan selamat. Itu beda banget sama yang dulu. Sepertinya bang Indra berusaha untuk lebih ramah dengan penikmat karyanya. Rispek. Dulu cenderung cuek. Hebat bang :) Selesai foto dia mengucapkan terima kasih lagi, ku balas dengan ucapan terima kasih juga. Aku minta izin untuk memeluk, "boleh peluk?", tidak dijawab tapi aku langsung dipeluk. thank you





Firlie NH
29 September 2019

Komentar

Posting Komentar

Banyak dibaca