GAYA PERMAINAN MUSIK BAROK
Desember
lalu saya mendapat kesempatan untuk menjadi bagian dalam memainkan Messiah karya dari Handel.
Sebuah karya barok yang sangat agung dan terkenal hingga saat ini. Karya yang
berdurasi sangat panjang, biasanya dimainkan tidak keseluruhan tapi bagian
terakhir berjudul Hallelujah selalu
dimainkan.
Sebelum latihan gabungan, kami latihan seksional celo, kontra bas,
dan fagot yang punya peran sama sebagai continuo/ basso continuo/
continuo group yaitu berperan sebagai bas yang bergerak. Setiap mendengar musik
barok akan selalu ada bas yang terus bergerak, itulah salah satu ciri musik barok.
Seksional kali ini dipimpin principal cello. Sebelum seksional
dimulai, ia menjelaskan gambaran karakter musik Barok secara umum.
Saya ingin jabarkan, gaya permainan musik barok secara umum yang
beliau jelaskan yaitu sebagai berikut.
- Sebisa mungkin menggunakan posisi satu. Open string bukan untuk dihindari. (untuk instrumen gesek)
- Not utuh (whole note) dan not setengah (half note) bukan untuk dimainkan secara penuh melainkan lebih pendek dari tulisannya.
- Not seperdelapan (eight note) pada allegro dimainkan on string atau bow selalu menempel. Not seperempat (quarter note) pada allegro dimainkan pendek-pendek.
- Not seperdelapan (eight note) pada andante dimainkan pendek-pendek.
- Pada deretan not seperdelapan (eight note), ketika interval (jarak) jauh dimainkan pendek, semakin dekat interval semakin on string.
- Minim vibrato. (untuk instrumen gesek)
Bisa saja tidak selalu seperti itu, bisa karena keinginan conductor.
Atau saat memainkan karya barok untuk solo, ada interpretasi tersendiri. Hal
tersebut sangat terbuka untuk selalu didiskusikan. Karena alat musik periode barok
dan yang sudah berkembang sampai saat ini yang dipakai ini mengalami banyak
perubahan misalnya celo dan bow barok dulu dan sekarang sudah banyak mengalami
perubahan.
Saya selipkan foto catatan yang saya buat saat selesai berlatih
mungkin dapat membantu untuk lebih mudah dipahami.
Barok menarik sekali, tapi sulit untuk dimainkan. Menurut pengalaman
saya, belajar musik barok adalah tahapan awal dalam belajar yang seharusnya
dipelajari sungguh-sungguh. Ketika bisa memainkan karya barok sesuai dengan
estetikanya bisa dibilang akan lebih mudah untuk memainkan karya musik periode
lain yang cenderung lebih bebas. Saya yang merasa melewatkan masa-masa belajar
musik barok dengan total, maunya main romantik, full bow, full vibrato,
bebas, menyesal karena setiap menghadapi musik barok nyengir duluan dan selalu
kesulitan.
Komentar
Posting Komentar