Mengenal Kultur Korea Selatan melalui Serial Drama

Sepanjang tahun 2020 ini banyak serial drama Korea yang saya tonton. Genre romantis, komedi, hingga action semua punya sisi menarik masing-masing. Sempat bosan dengan template romantisme percintaan antara orang biasa dan orang kaya, yang mengingatkan saya pada film televisi (ftv) Indonesia. Saya mencoba menonton berbagai genre walaupun kebanyakan masih romantis tapi dengan template yang bervariasi. Setelah menonton berbagai judul dan genre saya ingin beropini tentang dua adegan yang hampir selalu ada di setiap serial drama Korea dan membuat saya beranggapan bahwa keduanya adalah bagian dari kultur di sana.

1. Minum minuman beralkohol.

Apapun genre-nya, adegan minum alkohol hampir selalu ada. Bir, adalah kata terjemahan yang sering muncul di teks sebagai pengganti istilah minuman beralkohol. Entah itu kaleng maupun botol. Kalau cek kamus besar bahasa Indonesia, pengertian bir memang minuman yang mengandung alkohol. Kadang terjemahan menulis spesifik dengan soju setiap yang diminum berasal dari botol berwarna hijau. Dari situ juga saya mengenal soju sebagai minuman beralkohol asal Korea dengan kadar alkohol berkisar dari 16-40%. Berbagai emosi yang menyelimuti suasana hati, diceritakan bahwa orang Korea akan melampiaskan melalui alkohol. Entah itu senang, seperti merayakan setelah mendapat pekerjaan, galau karena putus cinta, sedih karena dihianati, dan lain-lain. Masih berdasarkan yang saya tonton, minuman beralkohol dijual bebas dan bisa dikonsumi warga negara Korea minimal sudah memasuki usia 20 tahun.

Soju

(https://geonbae.com/shop/soju/jinro-strawberry-soju/)

2. Kencan buta.

Kencan buta dalam serial drama Korea digambarkan sebagai sebuah kebiasaan yang umum dilakukan anak muda mulai usia dua puluhan. Walaupun tidak semua terdapat adegan "kencan buta", minimal ada dialog yang menyebut kata "kencan buta" dalam percakapan mereka. Untuk mulai berkencan buta biasa digambarkan dengan dikenalkan melalui teman mereka. Jika kencan buta dilakukan oleh pemeran utama sering kali gagal. Jika dilakukan pemeran tambahan kadang-kadang digambarkan berhasil. Selain melalui perantara teman, kadang kencan buta bermula dari aplikasi pencarian jodoh.

Ada serial Korea yang tidak ada adegan keduanya yang saya tonton di tahun 2020. WATCHER ber-genre action serial yang mengudara di akhir tahun 2019. Bercerita tentang tim dari kepolisian yang mengusut korupsi para petinggi termasuk dari kepolisian sendiri. Sutradara membuat tempo adegan sangat cepat mengingatkan dengan film barat yang biasa saya tonton. Tidak ada adegan bertele-tele bahkan untuk merayakan keberhasilan mereka dalam mengejar targetnya saja tidak ada.

Firlie NH
14 Juli 2020

Komentar

Banyak dibaca