Hearing Session TRIGGA COCA, Ganteng Karyanya, Ganteng Wajahnya

Kamis ini giliran Trigga Coca musisi hip hop asal Klaten yang "hearing session" di MOL Coffee and Space. Ini kali pertama hip hop ada di acara ini. Saya yang secara pribadi suka hip hop random siapa saja saya dengarkan, sangat antusias dari dua minggu sebelum acara waktu tahu yang hearing session musisi hip hop. Langsung tanya namanya dan dengar karyanya di platform digital. Saya suka banget. Sebelum bahas ulasan, nih, saya mau bilang kalau walau pengetahuan soal hip hop dalam dan luar Indonesia saya memang nol, hip hop termasuk musik yang hampir selalu berhasil bikin saya terhibur dengan bikin badan goyang menikmati musik dan beat-nya. Saya mau dan bisa dengar musik apapun, tapi kalau sudah disodorkan hip hop di telinga, siapapun, rasanya ya ini nih, musik yang saya suka. Nggak tahu nama-nama musisi, saya harus banyak tahu untuk semakin merispeki karya mereka. Saya dengar secara random jadi ya gitu, dengar, angguk-angguk, goyang-goyang tapi nggak tahu nama musisinya. Kalau dengar hip hop Indo respon dalam hati saya yang sering muncul, "asem keren, kok kepikiran sama diksi itu?!" Hip hop Indo favorit saya sejauh ini: Laze!


Saya mulai bahas hearing session-nya Trigga Coca, nih. Yang diperdengarkan kali ini adalah karya beliau yang sudah rilis judul mixtape-nya "1/4 LIFE CRISIS". Dirilis dalam bentuk kaset yang akhir-akhir ini mulai booming kembali. Kalian juga memilikinya. Semalam saya beli. Kalau ingin memilikinya beli di sini.

(sumber: kaset saya!)

(sumber: masih kaset saya)

Ada dua lagu yang diperdengarkan "Afraid" dan satu lagi lupa judulnya. Maap.

Hearing session semalam menurut saya jadi beda dari biasanya. Pertanyaan yang muncul dari pendengar semalam tuh nggak terfokus dengan karya yang diputar, justru pertanyaan-pertanyaan mendasar seperti "kenapa hip hop?", "mau ke industri atau idealis?" dan ada beberapa pertanyaan seputar hip hop itu sendiri yang akhirnya jadi pengetahuan baru buat kami. Kok jadi seperti seminar musik hip hop (?) Wqwq.

Mixtape "1/4 LIFE CRISIS" ini terdiri atas 10 karya yang saling terkait. Benang merahnya tentu tentang fase quarter life crisis Trigga Coca. Kata dia, sekarang umurnya 25 tahun dan merasakan quarter life crisis sejak dia lulus kuliah sekitar umur 23 tahun. 

Mas Rarya (moderator) dan Trigga Coca
(sumber: galeri ponsel saya)

Di mixtape ini Trigga Coca banyak menggunakan lirik bahasa Indonesia. Lagu dia sebelum-sebelumnya berbahasa Inggris.

Kalau soal musiknya, "Afraid" menurut saya cukup didominasi sama piano. Itu menarik buat saya. Walau bukan sesuatu yang baru tentunya untuk hip hop tapi yaudah, di lagu ini pianonya asik banget. Kalimat "I'm afraid" diulang tak terhingga kali. Itu quarter life crisis banget sih.

Kalau lagu satunya, yang saya lupa judulnya itu, musiknya ada punk dan noise-nya. Ada dinamika yang sengaja dibikin dari flat sampai berisik banget. 

Di mixtape ini Trigga Coca bikin beat-nya dulu baru bikin liriknya. Katanya itu lebih mudah buat dia.

Lagu-lagu di mixtape ini terasa kontras dengan lagu Trigga Coca yang lain. Ada beberapa pendengar yang beranggapan begitu. Mereka penasaran, sebetulnya Trigga Coca mau berkarya ke arah yang mana. Dia memilih untuk tidak membatasi karyanya. Itu keren. Bahkan ketika ditanya mau mengarah ke industri atau idealis. Dia bilang mau untuk musiknya masuk ke industri tapi bukan berarti akan bikin karya yang asal laku seperti beberapa musisi hip hop lain.

Semalam ada juga sharing perilisan fisik mixtape berupa kaset Trigga Coca yang ternyata adalah kerja sama antara Koloni Gigs x Lokal Jajan x RSA

Sebelum mengakhiri tulisan ini, saya mau bilang, saya sudah dengar banyak lagu Trigga Coca. Hmmm, menurut saya, lagu-lagu Trigga Coca nih nuansanya lebih gelap dari pada hip hop lain yang pernah saya dengar. Disclaimer (lagi) nih, saya tuh awam soal hip hop. Jadi istilah gelap ini istilah yang saya bikin buat diri saya sendiri. Salah satu lagu Trigga Coca yang terang versi saya "Are Me Alright?". Saya rispek banget sama Trigga Coca. Bagus banget. Bakal masuk ke playlist saya sekarang. Sudah suka sejak pertama kali dengar! 

Walau Trigga Coca semalam beberapa kali merespon pertanyaan pendengar dengan kalimat, "Pertanyaannya susah buat dijawab", tapi menurut saya dia berhasil bikin kami pendengar ngerti bagaimana musiknya dia, karyanya dia. Penjelasannya menjawab dan bikin orang lain yakin sama karya-karya dia. Dia mengidolakan beberapa musisi hip hop di luar sana tapi dia bilang bukan buat bikin seperti mereka.

Ada pendengar semalam yang semalam penasaran dengan live performance Trigga Coca. Karena di YouTube nih isinya video klip. Kata dia ada di instagram, saya buka dan kaget. Hahahahhaa. Mencelat-mencelat, bro! Oke deh. Takut. Hehe.

Selamat untuk "1/4 LIFE CRISIS"! Semoga karyanya bisa dinikmati banyak orang seperti saya menikmatinya. Sukses!

(sumber: grup WhatsApp Sesimpel Itu)

Trigga Coca aslinya ganteng banget parah 💚

Firlie NH | 16 Oktober 2020

Komentar

Banyak dibaca